-->
Cara Mengobati Rasa Nyeri Pada Gigi Dengan Efektif & Ampuh

Iklan 728x90

Cara Mengobati Rasa Nyeri Pada Gigi Dengan Efektif & Ampuh

Setiap orang pasti menderita sakit gigi setidaknya sekali seumur hidup. Tidak hanya membuat sakit saat makan, sakit gigi juga dapat menyebabkan sakit kepala dan tubuh menggigil karena demam. Sayangnya, Anda biasanya tidak dapat langsung pergi ke dokter gigi ketika Anda sakit. Sambil menunggu jadwal konsultasi, Anda dapat mencoba berbagai cara untuk mengobati sakit gigi Anda sendiri di rumah.
Gigi, Kartun, Kebersihan, Pembersihan
Sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai hal, dan rasa sakit tidak hanya pada gigi, tetapi juga bisa dirasakan ke gusi dan mulut. Cara meredakan sakit gigi tidak hanya harus menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek. Ada beberapa cara yang cukup mudah dan bahan-bahan yang bisa Anda dapatkan di dapur, dari bumbu hingga bumbu. Penasaran apa saja obat sakit gigi yang umum?

Cara mengobati sakit gigi secara efektif dan ampuh

1. Berkumur dengan air garam
Garam, Spa Amp Pusat Kesehatan
Cara pertama untuk mengatasi sakit gigi dengan mudah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cukup dengan mencampurkan satu gelas air dengan setengah sendok teh garam, kemudian gunakan untuk membilasnya selama sekitar 30 detik, lalu buang. Air garam berfungsi sebagai desinfektan alami dan dapat meredakan peradangan pada gigi dan gusi yang menyakitkan.


2. Minyak cengkeh
Menurut beberapa survei dan penelitian, ramuan yang satu ini terbukti bisa digunakan sebagai cara meringankan sakit gigi. Caranya adalah dengan menempelkan setetes minyak cengkeh yang telah dicampur dengan sesendok minyak zaitun ke bagian gigi yang sakit menggunakan bola kapas (cotton ball), lalu gigit untuk tetap berada di gigi yang sakit. Anda dapat membeli minyak cengkeh di toko makanan kesehatan dan apotek.

Dalam minyak cengkeh ada zat kimia eugenol yang bertindak sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan penghilang rasa sakit, sehingga minyak cengkeh dipercaya bisa meredakan sakit gigi.

3. Kunyah bawang putih
Bawang Putih, Bumbu, Bumbu Makanan
Cara selanjutnya untuk meredakan sakit gigi adalah dengan menggunakan bawang putih. Caranya adalah dengan mengupas satu siung bawang putih terlebih dahulu, lalu potong atau belah dua. lalu, letakkan di tepat pada bagian gigi yang sakit dan kunyah bawang putih. Bawang putih diketahui memiliki efek antibakteri yang dapat membantu melawan kuman di gigi dan mulut, dan mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit gigi.

4. Kompres menggunakan es
Es Batu, Es, Air, Dingin, Beku
Cara lain untuk mengobati sakit gigi adalah kompres es. Tambahkan beberapa gumpalan es ke dalam plastik lalu lapisi dengan waslap tipis. Rekatkan kompres di pipi yang sakit selama 15 menit. Anda juga dapat menerapkan kompres langsung ke permukaan gigi yang sakit.

Metode ini akan membuat saraf gigi mati rasa sehingga rasa sakit tidak lagi terasa. Ada satu trik menarik lainnya yang bisa Anda coba jika Anda ingin menggunakan kompres es batu untuk mengobati sakit gigi. Pijat area punggung tangan antara ibu jari dan telunjuk dengan kompres es batu. Di daerah ini ada saraf yang sensitif terhadap rangsangan "dingin" yang akan mengalahkan.

6. Berkumur dengan cuka

Jika Anda tidak tertarik dengan garam garam, mungkin solusi lain adalah mengobati sakit gigi. Memasak cuka dan sari apel memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang secara efektif membunuh kuman penyebab sakit gigi. Namun, jangan dibilas dengan cuka murni.

Cuka asam dapat merusak email gigi jika terkena langsung. Jadi, pertama-tama larutkan 1/2 sdt. Teh cuka dalam segelas air hangat. Berkumur dan mengobati di daerah yang terkena selama sekitar 30 detik. Setelah itu, segera buang. Jika Anda tidak kuat dengan cuka tajam, Anda bisa menambahkan cuka ke kapas dan meletakkan kapas di gigi yang sakit. Setelah itu, segera bilas dan sikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi sensitif.

7. Menggunakan daun jambu biji
Jambu Biji, Daun, Hijau, Jambu Png
Jangan membuang daun jambu biji jika Anda baru saja membeli buah. Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba dan analgesik yang dapat menjadi cara untuk mengobati sakit gigi di rumah. Anda melakukan ini dengan melipat atau menggulung satu atau dua daun jambu biji, lalu mengunyah sampai ekstrak air keluar. Dengan lidah Anda "tangkap" jusnya dan oleskan ke area gigi yang sakit. Jika metode ini tampaknya sulit, coba rebus empat hingga lima daun jambu biji dan tambahkan sedikit garam. Lalu sejuk sejenak. Gunakan larutan daun jambu ini sebagai obat kumur.

Cara mengobati gigi nyeri dengan obat-obatan dengan benar dan tepat
Jika Anda menggunakan obat alami untuk melawan sakit gigi, ternyata itu tidak efektif untuk Anda, mungkin sekarang saatnya untuk beralih ke obat asli. Anda dapat membeli sebagian besar obat sakit gigi di apotek atau toko terdekat tanpa resep dari dokter. Namun, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter gigi Anda untuk mengetahui obat mana yang terbaik untuk Anda.
Berikut adalah beberapa pilihan paling efektif untuk mengobati sakit gigi:

1. Hidrogen peroksida 3%
Hidrogen peroksida adalah cairan antiseptik yang sering digunakan sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan gusi.
Metode ini hanya melarutkan hidrogen peroksida dengan air dan membilasnya selama 30 detik. Setelah itu, buang segera dan bilas lagi dengan air bersih. Ingat, hidrogen peroksida cair harus dilarutkan terlebih dahulu karena bentuknya yang murni dapat melukai mulut dan gusi.
Selain sebagai cara untuk mengobati sakit gigi, obat kumur ini juga dapat mengusir bau mulut, tanda infeksi gusi.

2. Parasetamol
Kemungkinan besar, Anda perlu memiliki persediaan parasetamol di rumah jika Anda sakit. Nah, obat ini juga bisa membantu meringankan sakit gigi, lho!
Parasetamol adalah sekelompok NSAID yang menghilangkan rasa sakit akibat peradangan. Parasetamol juga dapat mengurangi demam dan meredakan sakit kepala yang sering disebabkan oleh sakit gigi.
Tetapi jika Anda memiliki alergi atau masalah hati yang serius, tidak dianjurkan untuk minum obat ini untuk sakit gigi. Jadi pastikan untuk membaca cara menggunakannya terlebih dahulu pada label paket.

3. Ibuprofen
Seperti asetaminofen, ibuprofen juga diklasifikasikan sebagai NSAID yang dapat menjadi cara untuk mengobati sakit gigi dan masalah terkait lainnya. Namun, hindari mengonsumsi ibuprofen pada waktu perut kosong karena akan menyakiti Anda.
Jangan menggandakan dosis untuk pulih lebih cepat. Metode ini tidak lebih efektif dalam menghilangkan rasa sakit. Karena itu, selalu baca instruksi penggunaan obat dan dosis yang dianjurkan sebelum minum obat ini.
Jika rasa sakitnya hilang, Anda harus segera berhenti menggunakan obat ini.

4. Naproxen
Naproxen adalah analgesik yang juga sering digunakan untuk mengobati sakit gigi.  Contoh dari merek obat Naproxen adalah Xenifar.
Namun, Anda harus mewaspadai efek samping dari obat ini. Beberapa efek samping umum dari obat ini adalah: sakit perut, mulas ringan, diare, sembelit, perut kembung, sakit kepala, kulit x

Sekian artikel tentang "Cara Mengobati Rasa Nyeri Pada Gigi Dengan Efektif & Ampuh" semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.......
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment